Dari Desa

Sampah Menumpuk di Irigasi Beji, Warga Gotong Royong

PEMALANG, INIDESA ID– Penanganan sampah yang menumpuk di Salah satu saluran pembuangan air dilingkungan RW 11 Kelurahan Beji Kecamatan Taman, Pemalang dilakukan secara bergotong royong, Rabu (3 /9/2024).

Lurah Beji Sutoyo, mengatakan, permasalahan yang dikeluhan warga selama ini adalah sampah yang semakin hari menumpuk dan menimbulkan dampak bau tidak sedap serta merusak pemandangan di aliran irigasi terutama di lingkungan RW 11 Kelurahan Beji.

Menurutnya, saluran pembuangan air diwilayah tersebut merupakkan muara dari saluran irigasi Desa Banjaran dan Desa Pedurungan Kecamatan Taman. Bahkan pembatas saluran irigasi atau  stop ball untuk menahan air dan sampah tidak berfungsi.

Untuk mengatasi hal tersebut, warga melakukan gotong royong membersihkan saluran tersebut yang dipenuhi sampah.

” Permasalahan sampah memang tidak ada habisnya, maka dari itu secara berkala kami bersama warga sebisa mungkin ,sampah jangan sampai keluar namun habis dirumah masing masing ,imbuhnya.

Dikatakan Sutoyo, peran serta masyarakat sangat dibutuhkan dalam mengatasi sampah serta dilakukan pembersihan gotong royong secara berkala.

 “Pentingnya pendataan dalam pengelolaan sampah ditingkat RW yang nantinya akan dimusyawarahkan lebih lanjut ditingkat kelurahan ,” tutup Lurah Beji. (Rokhim)

Baca Juga :  Konten Kreator Kecamatan Ploso, Jombang, Siap Jadi Youtuber, Kembangkan Potensi Desa

Artikel Terkait