Daerah

Polisi dan TNI Yang Memasuki Masa Purna Tugas Dilatih Kelola Sampah Jadi Pakan Maggot

PEMALANG, INIDESA ID– Ratusan anggota Polri yang memasuki masa purna tugas, bersama Babinsa TNI menjalani pelatihan keterampilan mengelola sampah menjadi pakan maggot Black Soldier Fly (BSF) dan budidaya jamur di PTP IX Semugih Moga, Pemalang, Jawa Tengah.

“Pelatihan keterampilan ini, harapannya dapat mengatasi persoalan sampah, dimulai dari tempat tinggal maupun lingkungan masyarakat,” kata Kapolres Pemalang AKBP Eko Sunaryo, melalui rilis yang diterima inidesa.id, Kamis (26/9/2024).

Kapolres meminta, seluruh peserta untuk mengikuti pelatihan agar mampu mengelola sampah untuk menghasilkan pakan ternak maupun pupuk, yang berguna bagi masyarakat.

“Mari kita manfaatkan masa purna tugas sehingga kami merasa bangga bila rekan-rekan bisa tetap produktif di masa purna tugas,” kata Eko.

Eko berharap, para peserta juga dapat menjadi teladan dalam menjaga budaya tertib dan hidup bersih di lingkungan keluarga maupun masyarakat.

“Semoga dengan pelatihan ini, pengelolaan sampah di lingkungan tempat tinggal kita menjadi lebih baik,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, kapolres memberikan apresiasi kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pemalang yang telah melakukan pendampingan dalam pelatihan keterampilan pengelolaan sampah.

“Tentunya, pelatihan keterampilan ini diberikan oleh instruktur yang mumpuni dan kredibel, silahkan manfaatkan kesempatan yang ada untuk bertanya,” ungkapnya.

Peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 198 personil terdiri dari, anggota Polri yang akan Purna tugas 33 personil, Bhabinkamtibmas 144 personil dan Babinsa 21 personil.

Hadir dalam kegiatan tersebut instruktur dari Jateng Inovation Centre (JIC) Semarang.

Baca Juga :  Kemendesa Galang Pemuda untuk Promosikan Produk Unggulan Desa

Artikel Terkait