Dari Desa

Kemendes PDTT Ajarkan Produksi Pembelajaran Bagi Para Konten Kreator Muda Desa

INIDESA, Sukabumi – Lebih dari tiga puluh orang peserta mengikuti kegiatan Peningkatan Kapasitas Tingkat Dasar Produksi Pembelajaran untuk para Konten Kreator Muda Desa, yang di selenggarakan oleh Kemendes PDTT, di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama enam hari, sejak 31 Juli hingga 5 Agustus 2024.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Bidang (Kabid) Penataan dan Kesatuan Masyarakat Hukum Adat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Syarif Hidayat.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bagian dari program pengembangan sumber daya manusia di desa dengan fokus pada peningkatan keterampilan teknologi dan kreativitas dalam pembuatan konten video.

Dihadiri oleh Kepala Desa Pasirhalang, Yusup Poernama, juga Perwakilan dari Tim Kemendes, Pelatih Nasional dan beberapa Pelatih Daerah yang telah selesai mengikuti kegiatan ToT (Trainer of Trainers) di Jakarta beberapa waktu lalu. Seperti Rohman Gumilar dan Millenda Rezkya Sentani dari Kabupaten Sumedang, serta Dedi Antoni dari Kabupaten Pariaman, Sumatra Barat.

Kabupaten Sukabumi menjadi salahsatu Lokus Batch I dalam putaran kegiatan ini, yakni di Kecamatan Sukaraja dan Kecamatan Pelabuhan Ratu.

Abdul Malik MSN, seorang Pelatih Nasional Akademi Desa dari kalangan Praktisi dan Jurnalis mengatakan bahwa banyak sekali potensi desa yang bisa digali dan di sebarluaskan melalui video pembelajaran berbasis digital maupun smartphone.

“Hape kita ini sekarang sudah bagus-bagus, potensi desanya juga banyak sekali untuk di viralkan secara positif, jadi tunggu apalagi kan?,” kata Malik pada Inidesa, Senin (05/08/2024).

Kegiatan ini ditutup oleh Kepala Desa Pasirhalang dengan menghasilkan output delapan video yang telah di upload di YouTube dan terkoneksi dengan OVP (Online Video Platform) milik Kemendes.

Baca Juga :  Butuh Perbaikan, Akses Jembatan Gantung Pesantren Sendi Perekonomian Warga

Artikel Terkait