Dari Desa

Sumedang Utara Siap Gaungkan Desa ke Dunia Lewat Konten

SUMEDANG, INIDESA.ID — Para konten kreator muda desa dari Kecamatan Sumedang Utara siap menggaungkan potensi desa kepada dunia. Semangat tersebut terungkap dalam pelatihan Peningkatan Kapasitas Produksi Video Pembelajaran untuk Konten Kreator di Desa Tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Kementerian Desa PDTT.

Acara pelatihan tersebut akan dilaksanakan mulai tanggal 9-14 Agustus 2024 bertempat di Aula Desa Kebonjati, Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Sejumlah 24 orang pemuda yang berasal dari dua desa di Kecamatan Sumedang Utara, yaitu Desa Kebonjati dan Desa Sirna Mulya, ditambah dua orang kader digital dari masing-masing desa, dan para pendamping desa. Dalam kegiatan tersebut diberikan pembekalan secara teori hingga praktik terkait produksi video pembelajaran. “Saat ini adalah era digital, serba canggih, segala sesuatu bisa disampaikan melalui media sosial, diharapkan para pemuda desa di sini mampu mengabarkan potensi desa yang ada ke dunia luar,” kata Habib Salim, perangkat Desa Kebonjati, dalam sambutannya saat pembukaan acara pelatihan, mewakili Kepala Desa.

Salim mengatakan, di Desa Kebonjati sendiri banyak potensi desa yang bisa digali dan dikabarkan. “Setidaknya ada tiga potensi desa yang menjadi unggulan di sini yaitu biogas, ketahanan pangan dan pariwisata,” ujarnya.

Untuk biogas yang kegiatannya berada di Dusun Giri Harja misalnya, saat ini sudah mampu melayani kebutuhan gas untuk masyarakat di dua rukun tetangga (RT). “Kami saat ini masih terus mengembangkannya,” ujarnya. Sementara untuk ketahanan pangan, pihak desa memiliki lahan pertanian yang dikerjasamakan dengan petani setempat untuk ditanami berbagai tanaman pangan di antaranya adalah jagung dan cabai.

“Karena itu saya berharap para peserta serius mengikuti pelatihan, memberikan perhatian, melaksanakan produksi video pembelajaran untuk mengekspose potensi yang ada di desa masing-masing,” tambah Salim.

Baca Juga :  Bupati Pemalang Serahkan Sertifikat PTSL di Desa Pedagung

Sementara itu, mewakili pihak Kementerian Desa PDTT, Dr. H. Nurdin Ibrahim, mengatakan, para konten kreator muda ini adalah garda terdepan dalam memperkenalkan desa masing-masing. “Tadi sudah disampaikan di sini ada biogas, ketahanan pangan, pariwisata, itu luar biasa. Saya baru saja bertugas dari Bali, di sana dari pariwisata saja, masyarakat bisa hidup sejahtera,” tegas Nurdin.

Terlebih dengan adanya program ketahanan pangan, dimana pada musim-musim tertentu banyak desa mengalami kesulitan pangan. “Maka apa yang dibuat di desa ini, untuk ketahanan pangan, bisa disebarkan agar bisa ditiru di desa lain,” papar Nurdin. Dia menegaskan, para peserta yang mengikuti pelatihan konten kreator ini bisa setara dengan suara seribu orang untuk bisa memperkenalkan desa ke dunia luar. “Karenanya mohon pelatihan ini diikuti dengan serius,” kata Nurdin.

Di akhir acara pembukaan, para konten kreator desa pun menegaskan kembali tekad mereka. “Konten kreator desa, mencintai desa dengan karya!”.

Penulis : Tahyudin/Sumedang

Artikel Terkait