DaerahDari Desa

Kawula Muda Desa Probolinggo Ikuti Pelatihan Video Pembelajaran Desa

PROBOLINGGO, INIDESA.ID — Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) kembali galakkan pelatihan peningkatan kapasitas bagi para konten kreator desa di Kabupaten Probolinggo,  Provinsi Jawa Timur, Selasa (20/8). Kegiatan yang berlangsung selama enam hari, sejak Tanggal 19 – 24 Agustus 2024 tersebut difokuskan di 2 Kecamatan, yakni Dringo dan Gending.

Menurut Arwani, selalu Tim Pelatih Nasional yang mengawal  Kecamatan Dringo dengan lokus Desa Kedungdalem, jumlah peserta mencapai 30 orang yang berasal dari 2 (Dua) desa, yakni Pabean dan Kedungdalem.
Mereka terdiri dari unsur Pendamping Desa sebanyak 1 (Satu) orang, Pendamping Lokal Desa sebanyak 3 (Tiga) orang, Duta Digital sebanyak 5 (Lima) orang, Kader Digital sebanyak 2 (Dua) orang, dan masyarakat Desa sebanyak 20 (Dua Puluh) orang. “Kelas kami dibantu oleh 3 (Tiga) orang Tim Pelatih Daerah, yakni Rizki, Olik dan Widya”, tegasnya.

Pelatihan di Desa Kedungdalem, Kecamatan Dringo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur

Arwani menambahkan, materi yang diberikan pada saat pelatihan meliputi penguatan perspektif SDGs desa, pengenalan Akademi Desa 4.0, membuat konten, dasar-dasar video pembelajaran, menemukan ide dan gagasan, membuat konsep, penyusunan storyline, pengambilan footage, penyuntingan, serta publikasi ke platform OVP (Online Video Platform) yang dimiliki Akademi Desa Kemendes PDTT.

“Sistem pembelajaran dilakukan secara komprehensif sehingga antara teori dan praktik lapangan dapat diterima peserta dengan baik,” imbuhnya.

Sementara itu, Royatmadi, selaku perwakilan Kemendes PDTT memberikan pesan kepada para peserta, bahwa kegiatan yang sudah berumur tiga tahun ini, memungkinkan para konten kreator desa dari Probolinggo bisa mengikuti Trainer of Trainers (ToT) di Jakarta dan berkesempatan menjadi pelatih desa nantinya.

Sejalan dengan itu, Martono, Kepala Desa Kedungdalem, berharap agar peserta pelatihan dapat memanfaatkan kesempatan belajar dengan sungguh-sungguh sehingga ke depan mereka dapat mempromosikan potensi dan pembangunan di Desa pada masyarakat dan dunia. “Kami yakin peserta dapat berlatih dengan sungguh-sungguh. Mereka adalah orang-orang pilihan dari desa masing-masing”, pungkasnya.
(teks : rilis Ar)

Baca Juga :  KPU Provinsi Jambi Tetapkan DPT Pilgub Jambi

Artikel Terkait